Jelajah Wisata Heritage Bangunan Peninggalan Keraton Ratu Boko Yogyakarta

Menilik Bangunan Tua Peninggalan Keraton Ratu Boko di Yogyakarta

Direktori Wisata – Objek peninggal bersejarah di kawasan Keraton Ratu Boko yang menarik dikunjungi saat libur akhir pekan dan musim liburan.

Sebagai tujuan utama wisatawan di pulau jawa, Yogyakarta terkenal dengan suasana tradisi dan budaya yang kental. Salah satunya yaitu bentuk fisik peninggalan yang terdiri dari bangunan gedung tua dan bangunan bersejarah. Berbagai candi yang menjadi peninggalan kerajaan mataram kuno juga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Melihat Bangunan Peninggalan Keraton Ratu Boko Yogyakarta

Keraton Ratu Boko adalah situs peninggalan yang merupakan bukti unggul hasil karya manusia pada periode klasik pada era abad ke-8 sampai dengan ke-9 masehi. Komplek wilayah Ratu Boko berada di perbukitan, yang sekarang dikenal dengan sebutan siwa plato.

Secara administrasi posisi candi Ratu Boko terletak di dua dusun, yaitu dusun Dawung dan dusun Sambirejo. Untuk itu sahabat Direktori Wisata Asia pun dapat mengakses kawasan penduduk lokal di sekitar objek wisata heritage Yogyakarta yang satu ini.

Awalnya lingkungan Keraton Ratu Boko adalah semacam vihara atau asrama pendeta agama budha. Lalu ada pergeseran fungsi menjadi tempat kediaman salah satu raja yang beragama Hindu. Maka tidak heran, unsur kedua agama itu sangat kental berada di bangunan Keraton Ratu Boko.

Dari pengamatan Direktori Wisata Asia di salah satu destinasi wisata Yogyakarta yang memiliki nilai sejarah ini, sangat terasa nuansa unsur Hindu dapat ditunjukan dari 3 miniatur candi, archa ganesha, dan durga. Sedangkan unsur Budha terlihat dari adanya temuan arkeo Budha, runtuhan stupa dan stupika.

Informasi yang sahabat Direktori Wisata dapatkan di lokasi ini menurut karakternya, peninggalan bersejarah Keraton Ratu Boko dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis. Antara lain berbentuk gapura atau pintu masuk. Bangunannya terdapat di bagian depan ataupun di dalam komplek situs. Selanjutnya yaitu pagar berupa susunan batu yang di atasnya ada hiasan dalam pola tertentu.

Bila sahabat Direktori Wisata Asia susuri lebih jauh, kawasan bangunan candi ini merupakan tembok pembatas antara ruang satu dengan yang lainnya dan sebagai penghubung ruang yang dimenghubungkan akses dengan gapura.

Sedangkan untuk bagian candi selanjutnya yaitu Talu terdiri dari susunan batu yang ada di tebing-tebing sebagai perekayasaan untuk menahan tanah agar tetap stabil. Jenis berikutnya yaitu lantai sisa-sisa bangunan, struktur bangunan di atasnya di indikasikan dengan material kayu.

Selain memiliki nili sejarah panjang dengan beragam sisi keunikan arsitektur bangunan candi, di tempat wisata Yogyakarta ini sahabat Direktori Wisata bisa menikmati pemandangan sunset yang sangat indah jika berkunjung pada sore hari.

Kawasan Candi Ratu Boko  yang luas dan sangat bagus dapat menjadi latar belakang foto yang sangat indah. Saat kalian menuju lokasi utama, kalian juga akan disuguhkan dengan photoboth yang disediakan gratis bagi siapa saja yang ingin berfoto di kawasan Keraton Ratu Boko.

Peninggalan Keraton Ratu Boko Yogyakarta

Mungkin dari sahabat Direktori Wisata masih banyak yang belum mengetahui keberadaan Peninggalan Keraton Ratu Boko ini. Objek wisata ini terletak 3 kilometer sebelah selatan dari komplek Candi Prambanan. Atau 18 kilometer arah timur dari pusat kota Yogyakarta.

Untuk informasi harga tiket parkir kendaraan roda dua di area Candi Ratu Boko sebesar Rp. 3.000,-  / kendaraan dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp. 5.000,- / kendaraan.

Khusus untuk parkiran kendaraan beroda dua menurut Direktori Wisata sudah sangat baik, tempatnya teduh dan beratap jadi jangan takut bila motor kehujanan serta ada beberapa petugas yang mengawasi di area tersebut. Dari area parkir beroda dua dengan loket tiket cukup jauh, karena area komplek di Candi Prambanan ini begitu luas.

Untuk mencapai Candi Ratu Boko ini, sahabat Direktori Wisata bisa menggunakan makan shuttle bus gratis. Cukup mengambil nomor antrian dan menunggu giliran dipanggil. Meski di kawasan Prambanan gambar shuttle bus-nya Candi Borobudur. Ternyata dikelola oleh perusahaan yang sama. Yaitu PT. Taman Wisata Candi Persero bersamaan dengan Ratu Boko.

Saksikan juga Pesona Destinasi Wisata Alam Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Dari pengalaman perjalanan liburan Direktori Wisata Asia bersama rekan-rekan berkunjung ke lokasi Candi Ratu Boko, semoga dapat memberikan informasi dan pilihan alternatif liburan yang menyenangkan untuk kalian saat berlibur dan berwisata di kawasan sekitar Yogyakarta, Klaten dan Jawa Tengah. Selamat berlibur dan menikmati keindahan arsitertur bangunan di kawasan Keraton Ratu Boko Yogyakarta.[]