Liburan Menyenangkan di Museum Asmat Taman Mini Indonesia Indah

Mengenal Lebih Dekat Tradisi dan Budaya Suku Asmat Dengan Cara Yang Unik dan Mengasikan

Direktori Wisata – Mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat Suku Asmat dengan melihat peninggalan dan hasil karya yang tersimpan di Museum Asmat Taman Mini Indonesia Indah.

Museum Asmat yang berada di kawasan Taman Legenda Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah memamerkan berbagai macam koleksi unik. Sebagian diantaranya memiliki ukiran, yang mencerminkan pandangan hidup suku asmat yang berkaitan erat dengan nenek moyang masyarakat suku asmat.

Wisata Di Museum Asmat Taman Mini Indonesia Indah

Museum Asmat ini memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk mempelajari sejarah, seni budaya, dan adat istiadat suku asmat. Ukiran-ukiran yang menjadi jati diri menjadi proses kepercayaan dan siklus hidup suku asmat.

Museum Asmat dibagi menjadi tiga tema, dalam tiga bangunan yang berbeda. Bangunan yang pertama bernuansa dengan alam dan lingkungan. Dari pengamatan Direktori Wisata di dalam Museum Asmat, sangat terasa nuansa di dalam ruangan museum terasa suasana yang menggambarkan kehidupan masyarakat suku asmat yang sangat menghargai alam dan lingkungan sekitar.

Nuansa dan suasana tersebut dimunculkan dengan adanya diorama alam dan hutan sagu dan sungai-sungai besar, yang biasanya digunakan masyarakat suku asmat untuk mencari makanan yang bisa sahabat temukan saat memasuki dalam ruangan pertama di dalam Museum Asmat Taman Mini Indonesia Indah.

Museum Asmat bagian kedua yaitu menyajikan kebudayaan dan hasil ukiran masyarakat suku asmat. Kehidupan masyarakat suku asmat yang sangat menghargai nenek moyang, maka dibentuklah patung Mbis yang berarti patung roh nenek moyang.

Bila sahabat Direktori Wisata Asia menoleh ke bagian lain dalam ruang museum, maka kalian akan menemukan benda berupa perisai, topeng roh, tombak. Tidak jauh berbeda dengan ruangan bagian kedua, pada bagian ketiga ini bedanya hasil karyanya sudah sedikit modern.

Informasi yng Direktori Wisata peroleh hasil karyanya sudah menggunakan pahat besi, karena pada awalnya masyarakat suku asmat mengukir hanya menggunakan batu dan tulang burung kaswari.

Museum Asmat Taman Mini Indonesia Indah juga memamerkan beberapa tengkorak yang masih asli dan dirawat. Masayrakat suku asmat biasa merawat tengkorak kepala para pejuang atau kepala suku karena menganggap tengkorak tersebut seakan-akan masih menjaga mereka yang masih hidup.

Konon informasi yang Direktori Wisata Asia terima dari petugas museum Asmat , semua koleksi barang dan benda dari suku Asmat ini berguna untuk memperkenalkan pada anak-anak dan pengunjung lainnya yang hadir di museum bahwa Indonesia adalah negeri yang sangat kaya dan beragam akan budanya.

Wisata Di Museum Asmat Taman Mini Indonesia Indah

Museum Asmat juga menyediakan pakaian adat Suku Asmat yang bisa kita kenakan lengkap dengan atribut perang. Kalian bisa menggunakannya untuk mengabadikan momen di Photoboth yang sudah disediakan maupun di seluruh area museum.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang ingin mengetahui jenis alat musik tradisional yang unik dan berasal dari suku Asmt asli, kalian dapat mencobanya di museum ini. Karena museum Asmat di Taman Mini Indonesia Indah ini juga menyediakan alat musik tradisional suku asmat, salah satunya adalah Tifa.

Konon informasi yang Direktori Wistaa Astia terlma dari petugah museum Asmat, alat musik Tifa merupakan alat musik pukul yang terbuat dari kayu dan berbentuk kayu. Bentuk dan fungsinya sekilas menyerupai alat musik gendang. Namun, suara yang dihasilkan alat musik Tifa terdengar lebih ringan. Alat musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi upacara adat, pertunjukan musik atau tarian tradisional.

Lanjut informasi……..
Konon untuk jenis tifa ada bermacam-macam yang membedakan adalah warna suara yang dihasilkan. Selain Tifa, ada juga alat musik seperti terompet yang terbuat dari bambu. Biasa digunakan untuk menandakan bahaya dan mengumpulkan warga.

Kunjungi juga wahana Petualangan Dinosaurus di Taman Mini indonesia Indah

Harga tiket masuk Museum Asmat yaitu Rp. 10.000,- per orang dan jam operasionalnya adalah 09.00 – 17.00. Kawasannya berada di dalam area Taman Legenda Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah.

Liburan sambil mengenal segala keunikan dari tradisi dan budaya masyarakat Asmat dari dekat, kalian tidak perlu repot jauh jauh datang ke daerah Papua. Bagi sahabat Direktori Wisata Asia yang memiliki waktu dan keuangan yang terbatas untuk mengunjungi Papua, kalian dapat mengunjungi kawasan wisata keluarga di Musuem Asmat yang berada di dalam area Taman Mini Indonesia Indah.  Jangan lupa bawa kamera kesayangan kalian ya teman. Have a nice trip.[]