Wisata Alam Batu Besar Di Watu Goyang Yogyakarta

Liburan di Kawasan Wisata Alam Watu Goyang di Mangunan, Yogyakarta

Direktori Wisata –  Liburan sambil menikmati udara nuasa sejuk nan eksotis di kawasan wisata watu goyang  mangunan Yogyakarta.

Menghabiskan waktu liburan di Kota Yogyakarta tentunya  menjadi hal menarik bagi sahabat Direktori Wisata Asia yang mencitai dunia petualangan. Namun di kawasan wisata Jogya, kalian tidak hanya dapat menikmati keunikan akan panorama alamnya, bahkan beberapa keunikan alamnya pun bisa kalian saksikan di kawasan wisata Jogya, salah satunya objek wisata Watu Goyang.

Melihat Lebih Dekat Objek Wisata Watu Goyang

Obyek wisata Watu Goyang ini berlokasi di Pedukuhan Cempluk, Mangunan, Bantul, Yogyakarta.

Tempat ini memang selalu terkenal dikalangan para wisatawan, karena memiliki banyak Gardu Pandang yang sangat menawan dan sayang untuk dilewatkan.

Tempat yang sangat cocok untuk kamu jadikan spot paling favorit untuk menikmati matahari tenggelam ini benar-benar menyajikan panorama alam yang sangat menawan sekali.

Obyek wisata yang satu ini sangat cocok kamu datangi waktu sore tiba untuk melihat sunset karena puncak bukit ini menghadap ke arah barat, sehingga sahabat Direktori Wisata Asia  dapat berselfie dengan background sunset yang indah ketika cuaca sedang cerah.

Walaupun tempat ini dikelola langsung oleh para penduduk sekitar, tentunya fasilitas yang berada di tempat ini sangat memadai, karena fasilitas langsung dibantu oleh Pemda setempat. Mulai dari area parkir, WC umum, gazebo dan lainnya.

Alasannya dinamakan watu goyang adalah batu yang berada di puncak dapat bergoyang jika disentuh atau dorong. Dan pengelola berkata bahwa goyangannya masih aman. Di sekitar batu tetap ada peringatan untuk tidak menaiki batu tersebut. Pengelola juga berkata bahwa batu tersebut sudah ada sejak dia kecil, sejak tempat tersebut masih hutan yang dianggap angker oleh masyarakat sekitar.

Berada di atas bukit, sahabat Direktori Wisata akan merasakan sejuknya suhu udara, terutama di pagi hari. Walaupun siang hari, cuaca tetap terasa sejuk karena banyaknya hembusan angin dari tumbuhan yang ada.

Dari pengamatan Direktori Wisata Asia di lokasi, dikawasan objek wisata alam  Watu Goyang, terdapat pula bebatuan besar yang bagus sebagai view untuk mengabadikan momen dan banyak juga tumbuhan bunga dan pepohonan hijau sehingga bisa menjadi tempat berteduh bila terik matahari dirasa cukup panas.

Objek Wisata Watu Goyang Yogyakarta

Sahabat Direktori Wisata Asia bisa merasakan watu goyang secara langsung, yaitu batu yang berukuran sangat besar namun bisa bergoyang dengan hanya sedikit dorongan yang diberikan dan tetap aman tidak akan jatuh kebawah.  Tapi, jangan mencoba untuk menaiki batu ini ya, karena sudah ada larangan dari pengelola tempat wisata tersebut. Dari puncak Watu Goyang Yogyakarta kalian juga dapat melihat pemandangan makam-makam Sultan Agung dari kejauhan.

Selain objek utama batu yang bisa bergoyang, banyak spot foto yang disediakan pihak pengelola. Seperti miniatur helikopter, pemandangan taman bunga matahari dan jembatan seolah di atas awan. Tulisan I Love You yang terbuat dari bambu juga tersedia, namun letaknya berada di atas lebih tinggi dari objek watu goyang.

Harga tiket watu goyang sampai saat ini masih belum dipungut biaya, hanya untuk biaya kendaraan untuk kendaraan roda dua hanya Rp. 3.000,- dan kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp. 7.000,-  dan objek wisata ini menjadi salah satu nominasi objek wisata yang terbaik di Asia Tenggara.

Dekat dengan jalan raya wisata puncak Watu Goyang sangat mudah ditemukan. Rutenya adalah jika dari jalan Imogiri timur langsung arahkan kendaraan menuju desa Mangunan yang satu arah dengan makam raja-raja kesultanan Yogyakarta. Saat menanjak naik perhatikan kiri jalan nanti akan ada papan nama restoran Bumi Langit. Jika telah menemukan papan nama tersebut maka lokasi wisata puncak Watu Goyang sudah dekat. Selamat menikmati liburan ya teman.[]